Lifestyle

Begini Proses Pembuatan Kopi dari Buah Sampai Siap Seduh

Begini Proses Pembuatan Kopi dari Buah Sampai Siap Seduh

Dari dulu sampai saat ini, kopi tetap menjadi salah satu minuman yang banyak disujai oleh masyarakat dunia. Banyaknya coffee shop di hampir setiap daerah menjadi bukti bahwa minuman yang satu ini memiliki daya pikat yang luar biasa.

kopi yang biasa dinikmati adalah kopi bubuk siap seduh. Tetapi tahukah kamu bahwa kopi tersebut sudah melewati proses yang cukup panjang, mulai dari sortasi buah kopi sampai dengan tahap akhir yakni pengemasan.

Pembuatan kopi bisa dilakukan dengan beberapa cara. Nah yang akan kami bahas pada artikel kali ini adalah cara kering, dimana cara ini tidak membutuhkan waktu lama. Selain itu, alat-alat yang digunakan dalam pengolahan biji kopi dengan cara kering juga sangatlah sederhana.

Proses Pembuatan Kopi

Pembuatan kopi dengan cara kering prosesnya tidak sepanjang teknik basah. Kopi yang sering diolah menggunakan cara kering adalah biji kopi Robusta.

Karena prosesnya yang cukup singkat dan sederhana, kopi yang diolah dengan cara ini memiliki harga yang cukup terjangkau alias lebih murah dari kopi yang diolah dengan teknik basah. Baiklah, yuk langsung saja bahas bagaimana proses pengolahan biji kopi dengan teknik kering.

Sortasi Buah

Tahap pertama yaitu menyortir buah kopi hasil panen. Warna buah kopi menjadi salah satu kategori dalam pemilihan ini. Buah kopi yang berwarna hijau dan merah harus dipisahkan dalam proses ini. Penyortiran yang yang baik akan menghasilkan kualitas biji kopi yang baik juga.

Pengeringan

Selanjutnya yaitu tahap pengeringan. Biji kopi yang sudah disortir harus dikeringkan dulu sebelum dikupas. Pengeringan ini biasanya membutuhkan waktu selama kurang lebih dua minggu, sampai kadar air dalam biji kopi sisa sedikit. Untuk memperoleh biji kering yang sesuai keinginan, proses pengeringan ini memerlukan perhatian khusus.

Pengupasan Kulit Buah

Setelah biji kopi dikeringkan, langkah selanjutnya adalah mengupas kulit buah. Proses pengupasan bisa dilakukan menggunakan mesin ataupun manual dengan cara ditumbuk.

Berhasil atau tidaknya tahap ini tergantung pada tahap sebelumnya, yakni tahap pengeringan. Apabila terdapat kesalahan dalam proses pengeringan, maka pengupasan kulit buah juga bisa saja gagal akibat kadar air yang masih banyak.

Pemilihan Biji Kopi

Proses pembuatan kopi yang selanjutnya adalah penyortiran ulang. Setelah di awal melakukan sortasi buah kopi, pada tahap keempat ini kamu juga harus melakukan penyortiran untuk yang kedua kalinya.

Penyortiran ini bertujuan untuk memilih biji kopi yang benar-benar baik. mengapa perlu disortir? Karena tidak semua biji hasil pengupasan hasilnya baik.

Pengemasan

Langkah terakhir dari pembuatan kopi adalah pengemasan. Caranya cukup sederhana, kamu hanya perlu mengemas biji kopi yang sudah melewati tahap penyortiran.

Pada tahap ini, pastikan kemasan yang digunakan adalah kemasan yang baik sehingga produk tetap aman dan terjaga sampai di tangan konsumen.

Biji kopi yang sudah dikemas akhirnya dipasarkan ke berbagai tempat. Semakin baik kualitas biji kopi yang dibuat, apalagi ditambah dengan pengemasan yang menarik, maka semakin besar peluang kamu untuk menarik hati pelanggan.

Comment here