Parenting

Apa Itu Status Gizi Anak?

Apa Itu Status Gizi Anak?

Status gizi adalah keadaan kesehatan individu yang dipengaruhi oleh asupan zat gizi yang dikonsumsi sehari-hari. Anak yang mengalami kekurangan gizi sering mengalami stunting (pendek) atau bahkan karena gizi buruk atau bisa juga mengalami overweight (obesitas) dan wasting (kurus). Selain itu, status gizi anak Indonesia cenderung meningkatkan risiko penyakit kronis saat tumbuh dewasa.

Kementerian Kesehatan Indonesia merekomendasikan agar semua anak makan makanan yang seimbang dan bergizi sejak usia 2 tahun pertamanya yang penting untuk diperhatikan setiap orang tua. Sejak saat itu, mengonsumsi makanan bergizi dapat membantu mengurangi masalah kesehatan ketika anak sudah dewasa, seperti diabetes, stroke, tekanan darah tinggi, penyakit jantung, dan obesitas.

Pemenuhan kebutuhan gizi anak sejak dini sangat baik untuk menjaga kualitas hidup anak, kemampuan mental dan status gizi yang baik. Oleh karena itu, sangat penting untuk memberikan makanan yang sesuai dengan usianya, karena sangat mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan anak. Orang tua perlu mengetahui nutrisi apa saja yang dibutuhkan anaknya agar dapat menciptakan pola makan yang bernutrisi.

Cara Membiasakan Anak Makan Bergizi Seimbang

Salah satu dilema yang dihadapi banyak orang tua adalah membuat anak-anak mereka makan makanan yang seimbang dan bergizi. Anak-anak lebih suka memilih jajanan yang tidak diketahui asalnya karena rasanya yang asin dan gurih di lidah membuat mereka selalu ingin makan makanan yang lezat namun belum tentu sehat.

Salah satu cara untuk mengajari anak-anak tentang pola makan yang seimbang dan bergizi adalah dengan menetapkan rutinitas. Apa yang harus diperhatikan orang tua harus menjadi contoh gaya hidup sehat.

Hal ini sejalan dengan anjuran WHO (World Health Organization) bahwa anak-anak mengembangkan kebiasaan karena mereka melihat dan meniru orang tuanya. Berikut adalah beberapa cara orang tua yang dapat digunakan untuk mengajar anak-anak mereka untuk makan makanan yang seimbang dan bergizi.

  1. Membiasakan sarapan bergizi setiap hari dan tepat waktu.
  2. Ajak si kecil untuk membantu menyiapkan makanan.
  3. Ajarkan anak untuk mengunyah makanan dengan benar.
  4. Ajarkan anak untuk memahami dan mengenali bahasa tubuhnya.
  5. Kreasikan menu harian yang lebih bervariasi apabila si kecil suka memilih-milih makanan.
  6. Ajarkan anak untuk minum air putih yang cukup setiap hari dibandingkan mengonsumsi minuman manis berlebihan.
  7. Tidak lupa dengan memperhatikan kandungan gizi setiap makanan termasuk informasi gizi pada makanan kemasan.

Nestlé Dukung Anak Hidup Lebih Sehat

Sebagai perusahaan makanan dan minuman dengan konsumen di seluruh dunia selama 154 tahun, Nestlé selalu berkomitmen untuk menyediakan produk yang berkualitas. Semua ini dilakukan untuk meningkatkan kualitas hidup anak-anak Indonesia untuk masa depan yang lebih sehat.

Nestlé telah membuat program Nestlé Dukung Anak Lebih Sehat dalam bentuk nyata dengan memberikan edukasi mengenai status gizi agar bisa menjalankan hidup yang lebih sehat mulai dari makanan yang dikonsumsi hingga gerakan pola hidup sehat.

Comment here