Parenting

5 Nutrisi Penting untuk Dukung Perkembangan Otak Anak

5 Nutrisi Penting untuk Dukung Perkembangan Otak Anak

Berkembangnya otak anak sangat tergantung pada asupan nutrisi yang diperolehnya. Makanya, begitu krusial sifatnya bagi para orang tua untuk mencukupi kebutuhan nutrisi anak secara optimal, apalagi saat anak masih berada di masa emas tumbuh kembangnya. Sebagai orang tua, Anda bisa beri anak asupan nutrisi di bawah ini untuk mendukung perkembangan otak anak.

1. Kolin

Kolin merupakan nutrisi yang krusial bagi perkembangan fungsi otak dan fungsi kognitif anak. Berdasarkan beberapa penelitian, pemberian kolin pada anak di 1000 hari pertama hidupnya bisa mendukung berkembangnya otak anak, melindungi dari kerusakan sel saraf, serta meningkatkan fungsi kognitif anak.

Salah satu sumber asupan utama kolin adalah telur. Berdasarkan penelitian 1 butir telur berukuran besar mengandung sekitar 125 miligram kolin. Anda bisa memberi anak ragam olahan telur untuk mencukupi asupan kolin anak. Selain telur, kolin juga bisa diperoleh daging sapi, produk olahan telur, serta aneka sayur.

2. Asam Lemak Omega-3

Sama halnya dengan kolin, asam lemak omega-3 juga bermanfaat bagi otak anak agar bisa berkembang dengan baik. Anak membutuhkan asam lemak omega-3 untuk mendukung fungsi dan perkembangan otaknya. Selain itu, asam lemak omega-3 juga bisa membantu mengontrol kondisi psikologi dan perilaku.

Minyak ikan merupakan salah satu sumber utama asam lemak omega-3. Ikan yang kaya akan asam lemak omega-3 ini seperti ikan tuna, ikan salmon, ikan sarden, dan ikan patin. Selain dari minyak ikan, asam lemak omega-3 juga bisa diperoleh dari berbagai jenis minyak lainnya, di antaranya minyak nabati, minyak kanola, dan minyak biji rami.

3. Asam Folat

Nutrisi yang juga krusial untuk perkembangan otak anak adalah asam folat. Bahkan, saat anak masih berada dalam kandungan, ibu hamil direkomendasikan untuk mengonsumsi asam folat ini. Asam folat ini bisa diperoleh dari berbagai jenis makanan, utamanya seperti sayuran hijau, daging sapi bagian hati, serta sereal yang telah difortifikasi.

4. Zink

Berkembangnya otak dan pertumbuhan di masa kanak-kanak juga bergantung pada asupan zink yang diperoleh. Asupan zink sendiri bisa didapatkan dari aneka seafood atau makanan laut. Namun, Anda juga memenuhi asupan zink anak dengan memberikan makanan yang terbuat dari daging, ikan, produk olahan susu, dan kacang-kacangan.

5. Aneka Vitamin

Vitamin A, D, B6, dan B12 merupakan beberapa vitamin yang terbilang krusial efeknya bagi otak. Makanya, penting bagi Anda untuk memastikan terpenuhinya kebutuhan anak akan vitamin tersebut. Vitamin A bisa diperoleh dari makanan seperti sayur seperti wortel dan bayam, vitamin D dari paparan sinar matahari, vitamin B6 dari daging sapi bagian hati, dan vitamin B12 dari daging.

Sebagai orang tua, mendukung perkembangan otak anak agar bisa optimal merupakan kewajiban yang harus dipenuhi. Otak anak akan bisa berkembang dengan baik jika asupan nutrisi yang dibutuhkan oleh otak tersebut dipenuhi. Beberapa nutrisi krusial bagi otak anak di antaranya adalah 5 nutrisi yang disebutkan di atas.

Comment here